Makan Makanan Organik Sama Artinya dengan Hidup Ramah Lingkungan

Peneliti baru-baru ini menegaskan bahwa makan makanan organik sama artinya dengan hidup ramah lingkungan. Studi ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Frontiers in Nutrition dan menjadi yang pertama dalam hal penelitian dampak lingkungan dari pola makan serta sistem produksi pertanian.

Peneliti mensurvei lebih dari 34.000 orang dewasa di Prancis mengenai preferensi mereka terhadap produk makanan berbasis tanaman atau hewan. Selain itu, peneliti juga melakukan penilaian dampak lingkungan di pertanian terhadap tiga indikator, yaitu emisi gas rumah kaca, permintaan  energi kumulatif, dan pendudukan lahan.

“Setelah menggabungkan data konsumsi dan produksi pertanian, kami menemukan terdapat dampak lingkungan yang berhubungan dengan makanan dan emisi gas rumah kaca,” jelas Louise Seconda dari French Agence De L’Environment Et De La Maitrise De L’Energie, penulis utama penelitian.

Pola makan seseorang yang mengonsumsi makanan organik ternyata bersifat lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan dibanding makanan non-organik. Hal ini dikarenakan makanan organik diolah dengan emisi gas rumah kaca yang lebih sedikit.

Baca Juga: Sebaran Benih M-400 dan M-70D di 5.000 Hektare Lahan Tercapai dalam 2 Tahun!

Peneliti juga menemukan, makanan organik memberi manfaat iklim tambahan yang signifikan pada dunia secara menyeluruh.

Louise berharap penelitian di masa depan dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti penggunaan pestisida dan kualitas tanah. Sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang keseluruhan siklus produksi makanan organik dan dampaknya terhadap lingkungan secara berkelanjutan.

“Kami ingin memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang bagaimana perbedaan pola makan makanan organik dan non-organik terhadap lingkungan,” tambahnya.